RSS

Cuaca Buruk

Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) masih berusaha mengevakuasi 15 anak buah kapal (ABK) dari kapal Samudera XII di laut Jawa. Cuaca menjadi kendala utama dalam proses evakuasi yang dilakukan menggunakan helikopter Bell Skuadron 11 SERBU dan kapal PT Pelindo III.

Pilot helikopter Bell Skuadron 11 SERBU, Kapten Bayu Setyo mengatakan Skoci pertama diketahui berada di koordinat 06 14' 18.3" S - 110 46' 00" E dan skoci ke dua ada di koordinat 06 14' 27" S - 110 46' 02 E.

"Ditemukan dua sekoci berwarna oranye. Jarak kedua sekoci sekitar satu kilometer," kata Bayu sebelum take off menuju lokasi dari markas skuadron 11 Penerbad Ahmad Yani, Semarang
"Kondisi cuaca semakin siang anginnya semakin kencang," sambungnya.

Rencananya helikopter Bell Skuadron 11 SERBU akan menyalurkan logistik untuk kedua kalinya dan memberikan alat komunikasi ke sekoci yang sudah diketahui koordinatnya itu. Selain itu juga akan memandu Kapal PT Pelindo III yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju lokasi kapal.

Namun rencana tersebut terpaksa harus ditunda. Kepala kantor Basarnas Semarang, Slamet Riyadi menambahkan, cuaca yang buruk membuat kapal PT Pelindo III yang tadinya akan mengevakuasi dua sekoci tersebut terpaksa kembali merapat di Semarang.

"Cuaca buruk, ombaknya tinggi. Kapal akan kembali merapat ke Semarang dulu," kata Slamet.

Sementara itu helikopter hanya akan memberi logistik dan alat komunikasi lalu kembali ke Semarang.

Sebelumnya, pemilik kapal, Wan Sabra melaporkan kepada Basarnas telah kehilangan kontak dengan kapal PT. Tirta Cipta Mulia Persada Batam itu pada hari Kamis (10/1) sekitar pukul 19.00 WIB. Lalu sekitar pukul 03.00 hari Jumat (11/1) kemarin, Kapal Sevia yang sempat memberi informasi melihat sekoci yang digunakan ABK Kapal Samudra XXI di koordinat 06 13' 37.3" S - 110 00' 69.8" E.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar