RSS

Pasokan Sapi Masih Minim

Pasokan sapi ke rumah potong hewan di Jawa Timur masih minim, sehingga harga daging relatif mahal. Stok sapi pada peternak memang mampu memenuhi kebutuhan pasar, namun harga timbang hidup sudah mencapai Rp 35.000 hingga Rp 36.000 per kilogram.Ketua Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar Jawa Timur, Muthowif di Surabaya,mengatakan, sapi di pasar tradisional susah didapat, karena mulai habis. "Sekarang tukang jagal di RPH di Jatim umumnya memotong sapi yang jelek kondisinya yakni kurus dan tulangnya besar," katanya.
Harga daging di pasaran, Rp 80.000 hingga Rp 85.000 per kilogram. Kelangkaan sapi di pasar tradisional terjadi sebelum Natal dan Tahun Baru hingga sekarang. Kebijakan Dinas Peternakan Jatim yang melarang sapi dengan berat di bawah 400 kilogram dibawa ke luar provinsi ini sama sekali tidak berdampak terhadap pergerakan sapi.

Realitanya banyak sapi kecil di bawah 400 kg dan betina produktif dibawa keluar Jatim, sehingga pedagang yang hendak membeli sapi ke Lumajang, Tuban, Probolinggo dan Pare sering gagal. Kendati demikian, hingga saat ini kata Muthowif, Gubernur Jatim belum ada tindakan untuk menanggulangi kelangkaan sapi, meski pada 2012 ada anggaran sekitar Rp 100 miliar untuk pengadaan sapi.
Padahal menurut Ketua Forum Peternak Sapi Indonesia Arum Sabil, peternak memiliki stok cukup untuk memasok kebutuhan pedagang. Setiap tahun Jatim mengalami surplus sebanyak 150.000 ekor sapi, dan sampai sekarang ada di tangan peternak. "Berapa banyak pun kebutuhan pedagang pasti bisa dipenuhi dengan syarat harga sapi timbang hidup tidak kurang dari Rp 32.000 per kilogram. Peternak akan melepas sapi jika harga menjanjikan, artinya biaya produksi selama penggemukan tertutupi," katanya.
Jadi kata Arum Sabil, keluhan pedagang sulit memperoleh sapi karena cenderung dijual ke pedagang luar Jatim, akan teratasi jika pedagang mematok harga tidak merugikan peternak. "Saat ini harga daging sapi di Jakarta dan beberapa kota di Kalimantan nyaris sama dengan harga pasaran di Surabaya. Padahal sapi didatangkan dari Jatim dan perlu biaya transportasi untuk ke Jakarta dan Kalimantan," ujarnya sembari menambahkan, pedagang sebaiknya tidak mencari alasan untuk menekan peternak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar