RSS

Obama Percepat Penaikan

Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan mempercepat penarikan mundur pasukan AS di Afganistan. Sedianya pasukan itu bertugas hingga 2014 mendatang.

Pernyataan Obama tersebut diungkapkannya di tengah-tengah kunjungan Presiden Afghanistan, Hamdi Karzai, ke Gedung Putih.

“Saya akan mempercepat penarikan mundur pasukan AS. Tapi saya tegaskan AS akan terus membantu Afghanistan setelahnya,” ujar Obama, seperti dikutip Yahoo News, Sabtu (12/1/2013).

Preiden AS itu beralasan percepatan itu dilakukan karena kemampuan militer Afghanistan dianggap telah mengalami kemajuan yang signifikan. Kelompok militan Taliban di Afghanistan pun diklaim telah berhasil dipukul mundur oleh gabungan pasukan koalisi NATO dan militer Afghanistan.

Obama juga memberikan indikasi akan menarik seluruh pasukan AS di Afghanistan. Sebelumnya ada usulan dari militer AS untuk menyisakan pasukan di Afghanistan untuk mengawasi gerak-gerik kelompok Al-Qaeda di negara tersebut.

“Menurut saya pribadi, sepertinya tidak mungkin untuk tetap menempatkan tentara AS di Afghanistan pasca-penarikan mundur usai. Kalaupun AS harus tetap menyisakan sebagian pasukannya di Afghanistan, keputusan itu harus didasari atas perjanjian dengan pemerintah Afghanistan,” jelas Obama.

Pemerintah Afghanistan sendiri selama ini menyatakan menginginkan AS untuk menyisakan sebagian pasukannya di negara itu. Namun AS meminta Afghanistan untuk memberikan kekebalan hukum kepada tentaranya apabila memang sebagian pasukan AS jadi untuk tetap ditempatkan di Afghanistan selepas 2014.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar