RSS

Siapa Calon Hakim

Calon hakim agung Muhammad Daming Sunusi menjadi calon hakim agung yang terus disoroti setelah candaan kontroversialnya soal pemerkosaan. Pada forum fit and proper test di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, lalu, Daming melontarkan candaan bahwa seorang pelaku pemerkosaan tidak pantas dihukum mati lantaran kasus pemerkosaan kerap terjadi karena perasaan saling menikmati.
Siapakah sebenarnya sosok Daming? Berdasarkan informasi yang dihimpun, Daming kini masih menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin. Pria kelahiran Bulukumba pada 1 Juni 1952 itu memiliki seorang istri bernama Rupiah dan seorang anak perempuan, Tirtasari.dan siapa yang pantas jadi calon hakim?

Daming meniti riwayat pendidikannya hingga strata 3 (S3). Mulanya, Daming menempuh S1 dengan jurusan studi hukum pidana Kriminologi Universitas Hasanuddin pada tahun 1977. Selanjutnya, Daming meneruskan studinya dengan mengambil S2 di jurusan Ilmu Hukum Universitas Tarumanegara pada tahun 2002. Pendidikan terakhirnya adalah S3 di jurusan Ilmu Hukum Ketatanegaraan Universitas Padjadjaran pada tahun 2009.

Pertama kali, Daming meniti karier sebagai calon hakim Pengadilan Negeri Makassar pada tahun 1983. Ia juga sempat berkarier sebagai hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bekasi, hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Hakim Tinggi dengan penugasan di Mahkamah Agung RI selaku panitera muda perdata, hakim di Pengadilan Tinggi Surabaya, dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Medan.

Pada tahun 2012, Daming menjadi Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin hingga saat ini. Pada tahun 2011 lalu, Daming juga sempat mencalonkan diri sebagai calon hakim agung, tetapi akhirnya tidak terpilih. Kini, Daming kembali mencoba peruntungannya kembali di bursa calon hakim agung. Namun, usahanya kali ini diperkirakan akan kembali menemui kegagalan lantaran sejumlah fraksi, seperti PAN, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PKS menyatakan tidak akan memilih Daming akibat candaannya yang dianggap tidak pantas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar