RSS

Tim SAR Selamatkan Warga

Lima warga asing asal Filipina diselamatkan dari tengah laut oleh Tim SAR Manado dengan menggunakan kapal penyelamat Rescue Boat (RB) 212, Sabtu (12/1/2013) sekitar pukul 10.00 Wita. Kelima WNA tersebut terdiri dari dua laki-laki dewasa, dua wanita dewasa dan seorang anak usia dua tahun.

Ketika diselamatkan mereka berada di sebuah rakit ikan pada koordinat 281 derajat Timur Laut dari Bitung. Tim SAR harus menempuh jarak 110 mil laut selama kurang lebih enam jam untuk menyelamatkan mereka.

Tim yang dipimpin oleh Kepala SAR Manado, Herry Sasongko berangkat dari pelabuhan navigasi Bitung pada pukul 4 dini hari. "SAR mendapat laporan dari radio pantai bahwa ada korban kapal tenggelam yang berhasil mencapai rakit," ujar Sasongko.

Di tengah gelombang yang tinggi, Tim SAR berhasil mencapai rakit. Empat anggota regu dengan menggunakan perahu karet menyelamatkan kelima korban yang sudah beberapa hari berada di atas rakit. "Kami tidak bisa memacu kapal penyelamat lebih cepat karena ombak, jadi kecapatan dipertahankan pada 17 knot per jam," ujar Kepala Kamar Mesin, Suprapto.

Setelah itu, kelima korban kemudian dinaikkan ke atas kapal. Saat dipindahkan para korban terlihat sangat lemah dan kulit mereka terbakar sengatan matahari. Korban pun diberi pertolongan awal dengan makanan dan minuman serta selimut.

Selanjutnya mereka dibawa ke Pelabuhan Navigasi Bitung untuk selanjut akan ditangani oleh Tim Medis. Kompas.com yang bersama-sama dengan Tim Penyelamat mengevakuasi korban kesulitan mengorek keterangan lebih jauh, karena kelima korban tidak mengerti bahasa Indonesia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar